SMA NEGERI 3 SUKADANA

Jumat, 14 Oktober 2022

PEMBIASAAN EDISI IBU SUSI F


Siapa yang tidak mengenali ibu Susi di SMANTANA! Beliau sangat akrab di mata siswa, terutama bagi siswa SMANTANA yang sering berkunjung ke Perpustakaan. Beliau saat ini mengemban tugas sebagai petugas perpustakaan di SMANTANA. Selain itu, beliau juga masih mengampu Bimbingan Konseling untuk kelas 12. Nah Sobat, pada pembiasaan 13 Oktober kemaren beliau memberikan nasehat kepada para siswa pada sesi pembiasaan pagi. Pada saat itu penulis berkesempatan untuk mencoba tugas pertama sebagai anggota program TULUS (TULisan Untuk Siswa) untuk menulis apa yang disampaikan oleh ibu Susi kepada para siswa.  Berikut yang bisa saya rangkum dari nasehat beliau :  

Pentingnya adab.

  • Kita mungkin selalu minta dihargai sebagai teman, seorang anak atau sebagai seorang murid. Namun, ketahuilah bahwa jika kita ingin dihargai atau dihormati maka kita harus terlebih dahulu menghargai orang lain terutama yang lebih tua dari kita.
  • Ketika kita mempunyai adab yang baik maka kita akan dihargai oleh semua orang. Dimana pun kita berada. 
  • Mungkin dalam keseharian kita di sekolah, sering kita temukan teman-teman kita yang bertingkah laku kurang sopan, maka kita sebagai teman harus saling menasehati satu sama lain.

Adab berbicara dengan orang tua. 
  • Bicaralah dengan sopan. Jangan berbicara dengan orang tua seperti berbicara dengan teman. Berbicara dengan sopan kepada orang yang lebih tua merupakan salah satu cara kita untuk menghargai orang lain.    

Adab ketika masuk ke ruangan guru. 
  • Ketika masuk ke ruang guru ucapkan salam terlebih dahulu. Pengucapan salam tentunya menyesuaikan dengan agama dan kepercayaan kita masing-masing. Bagi yg muslim ucapkanlah "Assalamualaikum" sedangkan yg non muslim ucapkanlah selamat pagi atau permisi.     

Jangan sesekali pergi keluar sekolah saat jam sekolah.

  • Tindakan keluar dari sekolah tanpa izin adalah sebuah kesalahan. 
  • Jika kamu ada keperluan, sehingga terpaksa keluar lingkungan sekolah, maka wajiblah bagi kamu untuk meminta izin kepada pak Johan atau guru piket saat itu. 
  • Jangan pernah berbohong ketika meminta izin untuk keluar lingkungan sekolah.
  • "Lupa membawa buku atau tugas dari guru, sehingga harus pulang untuk mengambil barang tersebut" adalah alasan yang tidak akan diberikan izin keluar. SMANTANA menilai bahwa hal tersebut tidak perlu terjadi. seorang siswa yang tugasnya belajar, wajiblah baginya untuk mempersiapkan diri dan perlengkapan pada sore, malam atau pagi sebelum berangkat sekolah. 
Demikian rangkuman yang dapat saya tulis, saya meminta maaf jika terdapat kekurangan. Tetap semangat dalam belajar ✊! 

  


Nama    : Rio Saputa
Kelas     : XI IPS
TTL        : Sedahan, 15 Februari 2005.

Kalimat Motivasi  : Impian tidak dapat terwujud dengan sendirinya, akan tetapi impian akan datang ketika seseorang berusaha untuk meraihnya.






0 komentar:

Posting Komentar

LOKASI SMA Negeri 3 Sukadana

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA