Assalamualaikum Wr. Wb.
Semoga kita semua dalam keadaan sehat wal afiat
Untuk postingan kali ini saya coba melengkapi tentang Kurikulum Merdeka, khususnya tentang Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelaran (KKTP). KKTP itu seperti KKM dalam kurikulum 2023, tapi tidak sama persis, lebih fleksibel dalam menentukannya.
Lalu bagaimana dong bentuk format KKTP dan cara membuatnya? itu semua sudah terjawab pada buku Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA) Kurikulum Merdeka revisi tahun 2022, tepatnya bisa dibuka pada halaman 32. Dan berikut ini kami kutipkan untuk Anda, mari kita simak bersama-sama.
A. Cara Membuat / Menentukan KKTP
Untuk mengetahui apakah peserta didik telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran, pendidik perlu menetapkan kriteria atau indikator ketercapaian tujuan pembelajaran.
Kriteria ini dikembangkan saat pendidik merencanakan asesmen, yang dilakukan saat pendidik menyusun perencanaan pembelajaran, baik dalam bentuk rencana pelaksanaan pembelajaran ataupun modul ajar.
Kriteria ketercapaian ini juga menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih/membuat instrumen asesmen, karena belum tentu suatu asesmen sesuai dengan tujuan dan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran. Kriteria ini merupakan penjelasan (deskripsi) tentang kemampuan apa yang perlu ditunjukkan/ didemonstrasikan peserta didik sebagai bukti bahwa ia telah mencapai tujuan pembelajaran.
Dengan demikian, pendidik tidak disarankan untuk menggunakan angka mutlak (misalnya, 75, 80, dan sebagainya) sebagai kriteria.
Yang paling disarankan adalah menggunakan deskripsi, namun jika dibutuhkan, maka pendidik diperkenankan untuk menggunakan interval nilai (misalnya 70 - 85, 85 - 100, dan sebagainya).
Dengan demikian, kriteria yang digunakan untuk menentukan apakah peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran dapat dikembangkan pendidik dengan menggunakan beberapa pendekatan, di antaranya:
(1) menggunakan deskripsi sehingga apabila peserta didik tidak mencapai kriteria tersebut maka dianggap belum mencapai tujuan pembelajaran,
(2) menggunakan rubrik yang dapat mengidentifikasi sejauh mana peserta didik mencapai tujuan pembelajaran,
(3) menggunakan skala atau interval nilai, atau pendekatan lainnya sesuai dengan kebutuhan dan kesiapan pendidik dalam mengembangkannya.
Berikut adalah contoh-contoh pendekatan yang dimaksud.
Contoh salah satu tujuan pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia Fase C: "peserta didik mampu menulis laporan hasil pengamatan dan wawancara"
Pendekatan 1: Menggunakan deskripsi kriteria
Contohnya, dalam tugas menulis laporan, pendidik menetapkan kriteria ketuntasan:
Laporan peserta didik menunjukkan kemampuannya menulis teks eksplanasi, hasil pengamatan, dan pengalaman secara jelas.
Laporan menjelaskan hubungan kausalitas yang logis disertai dengan argumen yang logis sehingga dapat meyakinkan pembaca.
Kriteria | Tidak Memadai |
Memadai |
---|---|---|
Laporan menunjukkan kemampuan penulisan teks eksplanasi dengan runtut. | ✓ | |
Laporan menunjukkan hasil pengamatan yang jelas. | ✓ | |
Laporan menceritakan pengalaman secara jelas. | ✓ | |
Laporan menjelaskan hubungan kausalitas yang logis disertai dengan argumen yang logis sehingga dapat meyakinkan pembaca. | ✓ | |
Kesimpulan: Peserta didik dianggap mencapai tujuan pembelajaran jika minimal 3 kriteria memadai. Jika ada dua kriteria masuk kategori tidak tuntas, maka perlu dilakukan intervensi agar pencapaian peserta didik ini bisa diperbaiki |
Pendekatan 2: menggunakan rubrik
Baru berkembang |
Layak | Cakap | Mahir | |
---|---|---|---|---|
Isi Laporan |
Belum mampu menulis teks eksplanasi, hasil pengamatan, dan pengalaman belum jelas tertuang dalam tulisan. Ide dan informasi dalam laporan tercampur dan hubungan antara paragraf tidak berhubungan. |
Mampu menulis teks eksplanasi, hasil pengamatan, dan pengalaman secara jelas. Laporan menunjukkan hubungan yang jelas di sebagian paragraf |
Mampu menulis teks eksplanasi, hasil pengamatan, dan pengalaman secara jelas. Laporan menjelaskan hubungan kausalitas yang logis disertai dengan argumen yang logis sehingga dapat meyakinkan pembaca. |
Mampu menulis teks eksplanasi, hasil pengamatan, dan pengalaman secara jelas. Laporan menjelaskan hubungan kausalitas yang logis disertai dengan argumen yang logis sehingga dapat meyakinkan pembaca serta ada fakta-fakta pendukung yang relevan. |
Penulisan (tanda baca dan huruf kapital) |
Belum menggunakan tanda baca dan huruf kapital atau sebagian besar tidak digunakan secara tepat. |
Sebagian tanda baca dan huruf kapital digunakan secara tepat. |
Sebagian besar tanda baca dan huruf kapital digunakan secara tepat. |
Semua tanda baca dan huruf kapital digunakan secara tepat |
Kesimpulan: Peserta didik dianggap sudah mencapai tujuan pembelajaran jika kedua kriteria di atas mencapai minimal tahap cakap |
Pendekatan 3: menggunakan interval nilai
Untuk menggunakan interval, pendidik dan/ atau satuan pendidikan dapat menggunakan rubrik maupun nilai dari tes. Pendidik menentukan terlebih dahulu intervalnya dan tindak lanjut yang akan dilakukan untuk para peserta didik.
Contoh a.
Untuk nilai yang berasal dari nilai tes tertulis atau ujian, pendidik menentukan interval nilai. Setelah mendapatkan hasil tes, pendidik dapat langsung menilai hasil kerja peserta didik dan menentukan tindak lanjut sesuai dengan intervalnya.
0 - 40% | belum mencapai, remedial di seluruh bagian |
41 - 65 % | belum mencapai ketuntasan, remedial di bagian yang diperlukan |
66 - 85 % | sudah mencapai ketuntasan, tidak perlu remedial |
86 - 100% | sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan atau tantangan lebih |
Contoh b.
Pendidik dapat menggunakan interval nilai yang
diolah dari rubrik. Seperti dalam tugas menulis laporan, pendidik dapat
menetapkan empat kriteria ketuntasan:
- Menunjukkan kemampuan penulisan teks eksplanasi dengan runtut
- Menunjukkan hasil pengamatan yang jelas
- Menceritakan pengalaman secara jelas
- Menjelaskan hubungan kausalitas yang logis disertai dengan argumen yang logis sehingga dapat meyakinkan pembaca
Untuk setiap kriteria terdapat 4 (empat) skala pencapaian (1-4).
Pendidik membandingkan hasil tulisan peserta didik dengan rubrik untuk menentukan ketercapaian peserta didik.
Kriteria Ketuntasan |
belum muncul (1) |
muncul sebagian kecil (2) |
sudah muncul di sebagian besar (3) |
terlihat pada keseluruhan teks (4) |
---|---|---|---|---|
Menunjukkan kemampuan penulisan teks eksplanasi dengan runtut |
✓ | |||
Laporan menunjukkan hasil pengamatan yang jelas |
✓ | |||
Laporan menceritakan pengalaman secara jelas. |
✓ | |||
Laporan menjelaskan hubungan kausalitas yang logis disertai dengan argumen yang logis sehingga dapat meyakinkan pembaca. |
✓ |
Diasumsikan untuk setiap kriteria memiliki bobot yang sama sehingga pembagi merupakan total dari jumlah kriteria (dalam hal ini 4 kriteria) dan nilai maksimum (dalam hal ini nilai maksimumnya 4).
0 - 40% | belum mencapai, remedial di seluruh bagian |
41 - 60% | belum mencapai ketuntasan, remedial di bagian yang diperlukan |
61 - 80% | sudah mencapai ketuntasan, tidak perlu remedial |
81 - 100% | sudah mencapai ketuntasan, perlu pengayaan atau tantangan lebih |
Pada contoh di atas, pendidik hanya menggunakan rubrik dan diambil kesimpulan bahwa peserta didik di atas sudah menuntaskan tujuan pembelajaran, karena sebagian besar kriteria sudah tercapai.
B. Tonton Video Cara Menentukan KKTP
C. Download Contoh Format KKTP Kurikulum Merdeka
Tonton videonya berikut ini
1. Sheet Interval KKTP
2. Sheet Format 1 KKTP
Aplikasi KKTP ini oleh pengembangya disediakan 2 format, untuk format 1 KKTP, Ibu/Bapak Guru hanya menginputkan nilai dari tes tertulis. Nantinya keterangan kriteria ketuntasan dan tindak lanjut intervensi akan otomatis muncul.3. Sheet Format 2 KKTP
D. Penutup
Salam Merdeka Belajar....
Terima kasih telah menyempatkan berkunjung, dan silakan bila ingin berkomentar.
0 komentar:
Posting Komentar