SMA NEGERI 3 SUKADANA

Senin, 10 Oktober 2022

TERIMA KASIH, SEMOGA BERKAH!

Foto kami lampirkan sekedar untuk dokumentasi & laporan.
Tidak ada niat Riya' atau merendahkan pihak tertentu.
    "Terima kasih" adalah kata yang biasa terucap dari beberapa warga yang menerima bantuan sembako dari siswa siswi SMANTANA. Tidak hanya Jumat Berbagi, SMANTANA juga memiliki  program lain yang bersifat pendidikan sosial bagi siswa siswinya. Program tersebut berbentuk sedekah sembako bagi warga sekitar. Ini merupakan program lama dari OSIS SMANTANA yang coba kami aktifkan kembali. Program ini sudah dimulai dari sejak Bang Sajihan menjabat sebagai ketua OSIS. 

2 anggota OSIS SMANTANA sedang menjalankan
program infaq/sedekah Jum'at ke salah satu kelas.

    Sumber dana untuk program ini adalah uang sedekah/infaq dari siswa SMANTANA. Pada setiap Jum'at pagi, setelah pembacaan Surah Yasin berjamaah, beberapa anggota OSIS SMANTANA membawa kotak infaq/sedekah ke kelas-kelas. Uang yang terkumpul dari hasil "kotak infaq" tersebut dipergunakan untuk membeli sembako. Sembako yang telah dibeli, dikemas dalam kantong dan akan dibagikan ke salah satu warga yang dinilai pantas untuk mendapatkan sedekah tersebut. Menurut Syarif Ridohansyah selaku ketua OSIS SMANTANA periode 2022, banyak pembelajaran yang bisa kita ambil dari program berbagi ini, diantaranya siswa bisa belajar bersyukur, berbagi dan berempati terhadap sesama. 

    Sesuai dengan namanya yaitu "infaq/sedekah", maka program ini berjalan secara tidak terikat. Setiap siswa tidak pernah ditentukan jumlah sedekahnya dan tidak pernah diharuskan untuk berinfaq. Semua berjalan berdasarkan pada kesadaran dan niat tulus dari siswa-siswi SMANTANA untuk berbagi mulai dari hal yang mungkin dianggap kecil bagi sebagian orang. Harapan OSIS SMANTANA semoga program ini lebih baik untuk kedepannya.
     OSIS SMANTANA masih berupaya membuat pembukuan yang rapi agar bisa menyajikan jumlah uang infaq yang masuk setiap Jum'atnya. Bapak Chandra Mulyadi menuturkan bahwa " selama ini kami belum melakukan pembukuan yg rapi. biasanya begitu selesai menghitung jumlahnya,  kami langsung membelanjakan uang tersebut, namun sekarang kami mulai menyadari bahwa ini adalah uang titipan dari siswa, sehingga mereka layak untuk tau". Berangkat dari pemikiran itu, maka TIM OSIS SMANTANA mulai belajar cara efektif untuk melaporkan uang infaq tersebut. Kami berharap, kami bisa melaporkannya dalam waktu dekat.  (OSIS SMANTANA)


Presented by :


      


0 komentar:

Posting Komentar

LOKASI SMA Negeri 3 Sukadana

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA