SMA NEGERI 3 SUKADANA

Minggu, 16 Oktober 2022

Mempererat Silaturahmi dengan “Bakaran” Ala Keluarga Besar Smantana

 

Setelah melaksanakan rutinitas keseharian dan berbagai kegiatan, baik yang diadakan di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah, keluarga besar Smantana meluangkan waktu sejenak untuk mempererat silaturahmi dengan mengadakan rekreasi bersama di pantai Pasir Mayang pada hari Sabtu, tanggal 15 Oktober 2022 dari pagi hingga siang hari. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala sekolah, guru, staf, mahasiswa PLP Smantana beserta keluarga. 

Salah satu tujuan diselenggarakan rekreasi yaitu menjalin kebersamaan untuk memperkuat tali silaturahmi seluruh keluarga besar Smantana. Menurut bu Erma salah satu guru di Smantana, "Kegiatan seperti ini harus sering-sering dilaksanakan, karena silaturahmi dapat membuat keluarga besar Smantana semakin kompak dan solid”. Harapannya agar seluruh personil Smantana senantiasa memperkuat keakraban, selalu berjalan beriringan tanpa adanya kendala apapun untuk terwujudnya sebuah makna kebersamaan.

Keseruan makan siang bersama keluarga besar Smantana semoga penuh keberkahan. Kebersamaan kami, diawali berkumpul bersama di salah satu saung yang ada di pantai Pasir Mayang pada pukul 08.00 WIB. Walaupun hanya pertemuan yang sangat sederhana dengan menggelar tikar di saung yang tidak terlalu luas namun demikian tidak mengurangi kebahagiaan dan keceriaan dari hampir semua keluarga besar Smantana. 

Walaupun cuaca kurang bersahabat, awan mending diiringi dengan gerimis tetapi tidak menyurutkan semangat solidaritas kami untuk berkumpul bersama. Keseruan kami semua diawali dengan mempersiapkan peralatan dan bahan-bahan “bakaran” yang lumayan lama dikarenakan tempurung kelapa untuk “bakaran” dalam keadaan lembab sehingga kami perlu waktu lebih lama dan trik-trik khusus agar bara api tetap terjaga. Diantaranya dengan menyiapkan kipas angin portable, maupun peralatan lainnya yang mendukung dalam proses selama pembakaran ikan, sosis, dan tempe bacem. Dan pastinya selama proses “bakaran” yang memakan waktu beberapa jam harus siap beradu perang dengan kepulan asap yang memedihkan mata dan saluran respirasi. Setelah sekian jam berjibaku dengan penuh semangat perjuangan dalam bakar membakar aneka menu hidangan, sampailah kepada saat yang dinantikan. Yaitu acara inti dengan makan siang bersama dengan penuh suka cita keluarga besar Smantana. Alhamdulillah semua menu yang dihidangkan habis tanpa sisa, tidak lupa juga kami membagikan hasil olahan bakaran kami kepada warga sekitar saung yang kami tempati. Dan agenda kami terlaksana sampai pukul 13.00 WIB berjalan dengan lancar diiringi cuaca yang sudah cerah kembali. Sebelum kembali ke rumah masing-masing, tidak lupa kami meluangkan waktu sejenak untuk dokumentasi berupa video dan foto sebagai kenang-kenangan kebersamaan kami dan tidak lupa juga kami semuanya membersihkan lingkungan sekitar dengan membakar limbah yang digunakan selama “bakaran”.

Agenda ini juga sebagai rasa syukur, senang dan bahagia juga ada di dalam hati, melihat semua keluarga besar Smantana gembira dan ceria, paling tidak sebagai bentuk untuk menyemangati diri sendiri maupun rekan-rekan dari rutinitas keseharian yang padat. (ErRos)


0 komentar:

Posting Komentar

LOKASI SMA Negeri 3 Sukadana

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA