SMA NEGERI 3 SUKADANA

Senin, 29 Agustus 2022

Laksanakan ANBK, diharapkan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa Meningkat



Sebanyak 39 siswa SMA Negeri 3 Sukadana mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK tahun 2022 di Laboratorium Komputer SMA Negeri 3 Sukadana. Kegiatan ANBK ini dilaksanakan untuk mengukur tingkat kompetensi minimum yang harus dimiliki oleh siswa terutama kemampuan literasi dan numerasi siswa.

Kegiatan ANBK ini sudah memasuki tahun ke dua setelah tahun lalu SMA Negeri 3 Sukadana juga melaksanakan ANBK untuk siswa yang sekarang duduk di kelas XII. Kepala SMA Negeri 3 Sukadana Erik Yuniastuti mengatakan bahwa pelaksanaan ANBK untuk hari pertama ini berjalan lancar tanpa ada kendala apapun.

“Hari pertama ini siswa mengerjakan tes literasi dan survei karakter, kemudian besok akan dilanjutkan dengan tes numerasi dan survei lingkungan belajar. Kami berharap kemampuan literasi dan numerasi siswa lebih baik dari tahun lalu” kata Erik Yuniastuti.

Beliau juga menuturkan dalam pelaksanaan ANBK tahun 2022 ini masih menggunakan mode semi daring seperti tahun 2021. 

Selain menjelaskan tentang pelaksanaan ANBK hari pertama, ketika ditanyakan mengenai Survei Lingkungan Belajar yang dilaksanakan oleh guru, Ibu Erik menjelaskan bahwa seluruh guru SMA Negeri 3 Sukadana telah 100% selesai mengerjakan Survei Lingkungan Belajar.

“Alhamdulillah, seluruh guru telah mengisi survei lingkungan belajar dengan ketuntasan 100%. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada guru-guru SMA Negeri 3 Sukadana yang telah mengisi Survei Lingkungan Belajar tersebut tepat waktu dan saling mengingatkan saat pengisian survei tersebut. Selain itu tim IT yang tergabung dalam kepanitiaan ANBK juga sangat luar biasa bekerja dalam menyukseskan kegiatan ANBK tahun 2022 ini. Kami juga berharap pelaksanaan ANBK hari ke dua esok hari juga berjalan lancar” ungkap Ibu Erik.

Sementara itu ketua panitia ANBK SMA Negeri 3 Sukadana Chandra Mulyadi mengatakan bahwa peserta yang seharusnya ikut dan ditunjuk mengikuti ANBK oleh Kemendikbudristi seharusnya berjumlah 40 orang, namun 1 siswa atas nama Indi tidak dapat mengikuti ANBK karena sudah pindah sekolah.

“Kami membagi dua sesi dalam pelaksanaan ANBK ini dengan menggunakan 2 lab komputer dimana setiap 1 sesi akan diikuti oleh 15 orang siswa dan 10 orang siswa pada sesi ke dua. Siswa yang mengikuti juga sangat antusias. Kami telah melakukan persiapan kegiatan ANBK ini sudah dari bulan Juli dan melaksanakan sosialisasi kepada orang tua / wali siswa tentang keikutsertaan anaknya dalam pelaksanaan ANBK tahun 2022” ujarnya.

Selanjutnya Chandra juga menuturkan bahwa ada perbedaan antara pelaksanaan ANBK tahun 2021 dengan ANBK tahun 2022 yaitu jika pada tahun sebelumnya siswa kelas X dan XII diliburkan, maka pada tahun ini siswa yang tidak ditunjuk mengikuti ANBK tetap mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti biasanya.

“Kami diinstruksikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk tidak meliburkan siswa saat pelaksanaan ANBK dan tetap melaksanakan kegiatan belajar mengajar seperti biasanya” tutur Chandra. (MrD)

0 komentar:

Posting Komentar

LOKASI SMA Negeri 3 Sukadana

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA