SMA NEGERI 3 SUKADANA

Selasa, 30 Agustus 2022

HARI KE DUA PELAKSANAAN ANBK, SMA NEGERI 3 SUKADANA DIKUNJUNGI OLEH TIM MONITORING DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROPINSI KALIMANTAN BARAT.

  

   Setelah melaksanakan kegiatan ANBK hari pertama pada hari senin tanggal 29 Agustus 2022, SMA Negeri 3 Sukadana Kembali melaksanakan lanjutan kegiatan ANBK pada hari ke 2 yaitu tanggal 30 Agustus 2022. Pada saat pelaksanaan salah satu laboratorium komputer mengalami kendala karena aplikasi cbtsync yang ada komputer server tidak dapat tersambung ke server pusat ANBK, sehingga peserta yang mengerjakan tes ANBK di laboratorium 2 tertunda beberapa saat untuk mengerjakan tes ANBK.

“Pada saat akan mengaktifkan server di laboratorium 2, ternyata kondisi aplikasi cbtsync tidak terhubung ke server pusat dikarenakan kemarin saat tes hari pertama berlangsung, komputer server tiba-tiba mati sebab terputusnya aliran listrik yang mengalir ke komputer server. Hal ini mengakibatkan aplikasi cbtsync mengalami kondisi shutdown tidak normal. Selain itu setelah kami melakukan diagnosa untuk mencari penyebab utamanya, ditemukan ternyata bagian ethernet di komputer server harus di disable terlebih dahulu kemudian di enable kembali, barulah server terhubung dengan server pusat” ujar Ardi Kusnadi proktor utama ANBK SMA Negeri 3 Sukadana.

    Selanjutnya, Ardi juga menuturkan bahwa akibat kejadian ini, tes numerasi yang seharusnya dimulai pukul 07.30 WIB harus tertunda selama 15 menit. “Kami baru bisa mulai melaksanakan tes numerasi yang harusnya mulai pukul 07.30 WIB menjadi dimulai pada pukul 07.45 WIB” lanjut Ardi.

    Pada hari kedua pelaksanaan ANBK ini, siswa akan mengerjakan tes numerasi dan survei lingkungan belajar. Masih seperti hari pertama, siswa yang mengikuti ANBK hari kedua terbagi dalam 2 sesi yang dimana sesi pertama diikuti oleh 29 siswa dan sesi ke 2 diikuti oleh 10 siswa. Selain itu, pada hari kedua ini, SMA Negeri 3 Sukadana juga mendapatkan kunjungan dari Tim Monitoring ANBK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Kalimantan Barat. Drs. Burhan M. Ali, M.Si selaku petugas monitoring ANBK didampingi oleh Jasmani, M.Pd selaku Koordinator Pengawas SMA untuk Kabupaten Kayong Utara, melakukan monitoring dan pengawasan pada kegiatan ANBK tahun 2022.


“Alhamdulillah pelaksanaan ANBK di SMA Negeri 3 Sukadana, sudah sangat baik dan lancar. Protokol kesehatan juga  dilaksanakan dengan baik dan siswa semuanya memakai masker di dalam ruangan, namun untuk kedepannya perlu untuk sedikit mengubah susunan komputer di laboratorium pertama saja. Diharapkan tahun selanjutnya akan lebih baik dan meningkat kualitasnya” kata Burhan.

    Selain mengomentari kegiatan pelaksanaan ANBK, Burhan juga mengomentari penampilan dari siswa-siswi yang mengikuti ANBK. “Siswa-siswinya berpenampilan sangat rapi dan tertib dalam mengikuti ANBK” ujar Burhan.

    Senada dengan Burhan, Koordinator Pengawas SMA Kabupaten Kayong Utara, Jasmani, M.Pd mengatakan bahwa pelaksanaan ANBK di SMA Negeri 3 Sukadana sudah sangat lancar berjalan lancar. “Kedepan saya rasa hanya perlu meningkatkan kualitas jaringan internet untuk mendukung kelancaran pelaksanaan ANBK” tutur Jasmani.

    Jasmani juga memberikan apresiasi kepada Tim IT SMA Negeri 3 Sukadana yang mampu mengatasi kendala yang dihadapi dengan tanggap dan cepat. “Saya mengapresiasi kinerja dari panitia dan tim IT yang dengan tenang mampu untuk mengatasi permasalahan yang terjadi dengan baik sehingga peserta dapat mengerjakan tes numerasi dan survei lingkungan belajar” sambung Jasmani menutup penjelasannya. (Mr.D)

0 komentar:

Posting Komentar

LOKASI SMA Negeri 3 Sukadana

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA