SMA NEGERI 3 SUKADANA

Jumat, 18 November 2022

Peserta didik SMAN 3 Sukadana mengikuti Try Out SNBT


Jumat, 18 November 2022, sebanyak 21 orang peserta didik kelas XII mengikuti Try Out SNBT yang diselenggarakan oleh EduPrime bekerja sama dengan Disdik Kalbar.

“TO hari ini berjalan dengan lancar, cuma kendala tadi sempat padam listrik sebentar, tapi bisa diatasi dan berlanjut sampai waktu selesai”, ungkap Ardi Kusnadi, S.Pd. selaku Waka. Kurikulum yang juga bertugas sebagai proktor di kegiatan Try Out SNBT ini.

Untuk diketahui bersama, tahun 2023 pelaksanaan Seleksi Tertulis Masuk Perguruan Tinggi akan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika tahun-tahun sebelumnya soal-soal berbasis mata pelajaran, maka tahun ini lebih ke kemampuan penalaran dan logika peserta didik. Peserta didik kelas XII tidak dituntut menghafal pelajaran dalam tes ini tapi lebih menekankan kepada kemampuan berpikir secara umum.

“Setidaknya TO SNBT ini bisa menjadi pengenalan untuk tes sesungguhnya tahun depan, dan juga sebagai alat peserta didik untuk mengukur kemampuan serta evaluasi diri”, tambah Ardi Kusnadi.

Pria kelahiran 7 Januari 1989 ini menambahkan bahwa sebenarnya kuota per sekolah itu adalah 40 orang tapi yang mendaftar ikut hanya 21 Peserta didik. 21 peserta didik tersebut adalah siswa/i yang menyatakan berminat kuliah atau masih ada keragu-raguan untuk kuliah.

21 Peserta Try Out SMAN 3 Sukadana mengerjakan 80 soal dalam waktu 100 menit. Adapun Try Out SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes) ini terbagi menjadi 4 Subtes yakni Potensi Kognitif, Penalaran Matematika, Literasi Bahasa Indonesia dan Literasi Bahasa Inggris.

Diwawancarai setelah melakukan TO, salah satu peserta bernama Tuti Wulandari dari Kelas XII IPS berkata, "agak menegangkan Pak, terutama pada saat listrik padam".

“Sangat bermanfaat pak, setidaknya ada gambaran tentang pengerjaan soal-soalnya”, kata Apnur Halip kelas XII MIPA ketika ditanya apakah tes ini bermanfaat baginya.

Dihubungi terpisah, Kepala SMAN 3 Sukadana, Erik Yuniastuti menyatakan rasa terimakasihnya kepada Eduprime dan Disdik Kalbar karena telah menyelenggarakan Tryout SNBT ini.

“Terimakasih atas kerjasamanya dalam memberikan kesempatan kepada siswa-siswa kami untuk melaksanakan TO SNBT ini. Ini merupakan pengalaman berarti dan semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut ke depannya,” tutup Kepala Sekolah kelahiran 13 Juni 1981 itu. (ArKus)

0 komentar:

Posting Komentar

LOKASI SMA Negeri 3 Sukadana

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGANNYA